Banyak orang sadar akan bahaya merokok, tetapi tidak mudah bagi perokok untuk berhenti merokok. Mungkin Anda telah mencoba opsi yang berbeda, tetapi Anda tidak pernah berhasil. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat menjadi cara yang efektif untuk berhenti merokok. Nah, olahraga seperti apa yang Anda harus berhenti merokok? Lihatlah tes di bawah ini.

Bagaimana olahraga membantu Anda berhenti merokok
Dr. Alexis Bailey, Dosen Neurofarmakologi di Universitas St George di London, Inggris, melakukan penelitian, yang hasilnya diterbitkan dalam British Journal of Pharmacology.

Tips Memulai Olahraga Supaya Bisa Berhenti Merokok

Olahraga membantu tubuh Anda beradaptasi dengan kondisi baru. Merokok adalah ketergantungan yang membuat tubuh Anda membutuhkan nikotin secara teratur untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Nah, penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi ketergantungan nikotin pada manusia. Ini karena olahraga teratur dapat mencegah berbagai efek penghentian merokok (penghentian nikotin) yang biasanya terjadi dan dapat mengganggu kestabilan niat Anda untuk berhenti merokok.

Selain itu, olahraga dapat memiliki berbagai efek menguntungkan bagi tubuh Anda, yaitu:

Menekan rasa lapar. Biasanya Anda akan lapar setelah pelatihan untuk mengganti energi yang hilang dari tubuh, tetapi penelitian mengatakan bahwa dalam kondisi seperti itu Anda akan memilih makanan dengan bijak.
Batasi kenaikan berat badan. Banyak orang memiliki alasan untuk merokok untuk mengurangi berat badan mereka, tetapi ketika Anda berolahraga, berat badan Anda akan turun.
Mengurangi stres. Rokok juga bisa menjadi semacam pelarian dari stres. Olahraga juga menawarkan manfaat dalam mengurangi stres.
Olahraga jogging
Kiat untuk mulai berolahraga dan berhenti merokok
Ikuti tips ini untuk memulai pelatihan.

Luangkan waktu untuk berolahraga secara teratur, temukan waktu yang cocok dan merasa baik-baik saja.
Cobalah setidaknya 30 menit aktivitas fisik yang cukup intens per hari per minggu.
Jadikan olahraga sebagai prioritas dan masukkan dalam jadwal Anda. Jika Anda tidak dapat mempertahankan 30 menit yang disarankan, Anda dapat berolahraga selama 10 menit setiap hari.
Pilih olahraga yang Anda sukai. Misalnya bersepeda, berenang, lari, yoga atau lainnya. Buat diri Anda nyaman, karena hampir semua jenis latihan akan membantu Anda berhenti merokok.
Mulai perlahan dan kemudian tingkatkan intensitas atau waktu olahraga.
Anda dapat mengambil bagian dalam kelas kebugaran untuk mengatur dan melatih jadwal pelatihan Anda.
Undang keluarga, teman, atau mitra Anda untuk bergabung dalam olahraga ini, agar Anda tetap termotivasi dan tidak cepat bosan.

Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, Anda bisa mencoba berjalan. Berjalan-jalan saat makan siang atau setelah makan malam, mungkin merupakan pilihan waktu olahraga yang tepat. Tingkatkan jarak dan kecepatan jalur Anda secara bertahap.

Selain itu, pekerjaan rumah bisa menjadi pilihan latihan yang sederhana. Anda bisa menyapu rumah atau taman di halaman, menyapu.

Baca Juga :